08 Oktober 2007

Player musik digital (tulisan 1 dari 5 tulisan)


Sekitar tahun 90’an player musik digital atau biasa kita sebut MP3 player belumlah sebooming saat ini, pada saat itu hanya kalangan tertentulah yang punya dan hanya beberapa merk saja. Saya sendiri hingga sudah kuliah tingkat 2 belum kenal namanya MP3 player yang saya kenal hanya player musik dengan format analog seperti walkman dan kalo digital itu juga discman, kedua perangkat tersebut juga belum bisa dikatakan praktis karena kita direpotkan dengan banyaknya kaset / cd yang harus kita bawa untuk menikmati berbagai macam lagu kesayangan kita, konsumsi powernya juga besar untuk perjalanan 1 hari saja berapa banyak battrey yang harus kita bawa...

Dan bersyukurlah kita akan kemajuan bidang elektronika, tolak ukurnya yaitu ditemukan nya teknologi nano semikonduktor yang memungkinkan pembuat player musik menekan biaya produksinya, secara otomatis harga dipasaran semakin murah tentunya. Dipasaran toko komputer saat ini sudah banyak produk-produk MP3 player kebanyakan didatangkan dari negeri cina dan Taiwan dengan harga yang sangat terjangkau, model-modelnya pun bervariasi mulai dari warna, size memory, bentuk, hingga sampai kita bisa memilih MP3 player sesuai dengan kantong kita.

Player musik digital saat ini juga bisa dikatakan one player multi function fungsi-fungsi umumnya adalah radio fm, voice recording, flash disk, musik player, video player dll, tidak hanya itu saja kelebihannya, memory penyimpanannya juga sudah besar mulai dari 512Mbyte sampai 1 Gbyte dengan harga tidak sampai Rp.300 ribu wah semakin wuenak ney….

Cuma secara umum pengguna dari player ini belum dapat memaksimalkan kerja dari playernya dan hanya menggunakan sebagai player musik dan sebagai flash disk saja, salah satu contoh coba kalo kita bisa mamanfaatkan voice recordingnya kita bisa belajar menjadi jurnalis dadakan, voice recording pada player sudah memungkinkan untuk digunakan sebagai perekam pembicaraan.
Yang pastinya kita bisa mendengarkan musik secara bebas (bertukar file lagu, membuat playlist lagu kesayangan, download lagu diinternet, merekam voice dll) dengan hanya 1 player pemutar lagu digital.
……to be continue

Sumber foto : shoja3 from sharing flickr